Rayakan HUT ke-128, BRI Peduli Pilah dan Kelola 5,5 Ton Sampah di GBK

BRI Peduli
Gerakan Anti Sampah “Yok Kita Gas” yang merupakan bagian dari BRI Peduli digelar dalam rangka HUT BRI ke-128 di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, 18 Desember 2023. (Foto: Dok. BRI)

Cekisu.com   Perayaan HUT ke-128, BRI Peduli mengadakan kegiatan memilah dan mengelola 5,5 ton sampah.

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI mengadakan kegiatan pengelolaan sampah pada kegiatan HUT BRI ke-128 di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, 18 Desember 2023.

Bacaan Lainnya

Melalui Gerakan Anti Sampah “Yok Kita Gas” yang merupakan bagian dari BRI Peduli, sebanyak 285 relawan terlibat aktif dalam kegiatan pilah sampah. Dalam acara tersebut juga dihadiri lebih dari 50.000 Insan BRILian (pekerja BRI).

BRI Peduli bermitra dengan Socialimpact.id untuk mengumpulkan sampah dari masing masing area yang telah dipilih. Kemudian dikumpulkan di satu titik sampah pada trashbagm ditimbang dan dicatat per kategori. Kemudian sampah disetor ke TPS GBK untuk dikelola.

Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto mengatakan harapannya sampah yang terkumpul dapat dikelola menjadi bentuk yang lebih bermanfaat.

Gerakan Anti Sampah “Yok Kita Gas” yang merupakan bagian dari BRI Peduli digelar dalam rangka HUT BRI ke-128 di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, 18 Desember 2023. (Foto: Dok. BRI)

“BRI Peduli adalah bagian dari program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL), terus melakukan berbagai inisiatif. Dalam mengatasi persoalan sampah. Diharapkan, melalui berbagai program nyata seperti ini, dapat menggugah kesadaran pekerja maupun masyarakat pada umumnya untuk lebih peduli terhadap lingkungan,” ujar Catur.

Dengan waktu pengerjaan selama 10 jam clean up mulai pukul 05.00 – 15.00 WIB, relawan berhasil mengumpulkan 1,298 pcs kantong sampah yang berisi 1,4 ton sampah organik dan 4,4 ton sampah anorganik.

Di samping itu, aksi ini juga diyakini berhasil mereduksi 62,09 kg CH4e (Metan) dan 152,62Kg CO2e (Karbon).

Di acara HUT ke-128 BRI tersebut, terdapat pula Reverse Vending Machine yang bertujuan untuk mendapatkan nilai ekonomis dari sampah botol plastik.

Utamakan Pemberdayaan Masyarakat

Catur menjelaskan BRI ingin mengambil bagian dalam melawan perubahan iklim. Tak sekadar membuat bumi tetap asri, tetapi langkah menjaga lingkungan juga diharapkan dapat memberikan nilai secara ekonomi.

Gerakan Anti Sampah “Yok Kita Gas” pun difokuskan secara terintegrasi dengan menerapkan prinsip sistematis, menyeluruh, berkesinambungan. Serta mengutamakan pemberdayaan masyarakat dan literasi keuangan.

Selain itu dalam pelaksanaannya, program ini terintegrasi dengan proses bisnis BRI dengan memberikan nilai tambah bagi perusahaan dan masyarakat. Selaras dengan tema HUT ke-128 BRI “Kuat dan Hebat”. Hal ini menunjukkan perjalanan panjang BRI yang terus fokus pada pertumbuhan berkelanjutan untuk membuat BRI semakin kuat dan hebat dalam memberi makna Indonesia.

Adapun kepedulian terhadap masalah sampah tersebut dilakukan seiring dengan peningkatan persoalan sampah. Seiring dengan peningkatan aktivitas masyarakat perkotaan yang tidak diimbangi dengan jumlah tempat pembuangan sampah yang memadai.

Sebelumnya, “Yok Kita Gas” juga telah dimplementasikan di berbagai pasar di beberapa wilayah di Indonesia antara lain wilayah Semarang, Malang, Bandung, Surabaya dan Denpasar.***

Pos terkait