Bacaan Niat dan Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh 27, 28, 29 November 2023

Ilustrasi suasana puasa. (Foto: Pixabay.com/beingboring/Suara.com)

Cekisu.com  Berikut bacaan niat dan keutamaan puasa Ayyamul Bidh yang jatuh pada 27, 28, 29 November 2023.

Puasa Ayyamul Bidh merupakan puasa sunnah yang dilaksanakan pada pertengahan bulan kalender Hijriah. Puasa ini jatuh pada tanggal 13, 14, dan 15 setiap bulan kalender Hijriah.  

Bacaan Lainnya

Bulan ini merupakan Jumadil Awal 1445 Hijriah sehingga puasa Ayyamul Bidh maka jatuh pada tanggal 13, 14, 15 Jumadil Awal 1445 Hijriah atau bertepatan dengan tanggal 27, 28, dan 29 November 2023.

Melansir NU Online, hikmah puasa ini adalah saat malam-malam di pertengahan bulan tersebut sangat terang maka sangat pantas seluruh siangnya digunakan untuk beribadah. Oleh karena itu disunnahkan untuk melaksanakannya.

Bacaan Niat dan Keutamaan

Puasa Ayyamul Bidh memiliki keutamaan yakni bagi yang melaksanakannya maka seperti berpuasa sepanjang tahun. Demikian pendapat Imam as-Subki dan ulama lainnya yang artinya:

“Diriwayatkan dari Abu Dzar ra, sungguh Nabi saw bersabda: ‘Siapa saja yang berpuasa tiga hari dari setiap bulan, maka puasa tersebut seperti puasa sepanjang tahun.’

Kemudian Allah menurunkan ayat dalam kitabnya yang mulai karena membenarkan hal tersebut:

‘Siapa saja yang datang dengan kebaikan maka dia pahala 10 kali lipatnya’ [QS al-An’am: 160]. Satu hari sama dengan 10 hari’.” (HR Ibnu Majah dan at-Tirmidzi. Ia berkata: “Hadits ini hasan.” Ibnu Majah juga menilanya sebagai hadits shahih dari jalur riwayat Abu Hurairah ra). (Abu Bakar Ibnus Sayyid Muhamamd Syatha ad-Dimyathi, I’ânatut Thâlibîn, [Beirut, Dârul Fikr], juz II, halaman 269; dan Ibnul Mulaqqin, Tuhfatul Muhtâj ilâ Adillatil Manhâj, [Mekkah, Dâru Harrâ’: 1406 H], juz II, h.109-110).

Doa Niat Puasa 

Nawaitu shauma ayyâmil bîdl lilâhi ta’âlâ.  

Artinya, “Saya niat puasa Ayyamul Bidl (hari-hari yang malamnya cerah), karena Allah ta’âlâ.”

Demikian bacaan niat dan keutamaan puasa yang dilaksanakan pada pertengahan bulan kalender Hijriah.***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *