Luis Leeds Ingin Harumkan Indonesia di Arena F1

Luis Leeds
Luis Leeds. (Foto: Instagram @luisleeds)

Cekisu.com – Luis Leeds berkeinginan mengharumkan nama Indonesia di ajang Formula 1 atau F1. Selama ini Luis Leeds meniti kariernya sebagai pebalap mobil Formula 4 di Australia.

Melansir Youtube Here’s TV, pada usia 21 tahun nanti, Luis harus menentukan kewarganegaraanya. Ia pun bertekad untuk menjadi warga negara Indonesia (WNI) serta mengharumkan Indonesia pada kejuaraan Formula 1.

Bacaan Lainnya

Meski memiliki dua kewarganegaraan dan besar di Australia, Leeds tidak melupakan tanah kelahiran sang ibunda di Ngawi, Jawa Timur. Ia bahkan sering memasang bendera merah putih di mobil yang digunakannya melaju di sirkuit.

Profil Luis Leeds

Luis Leeds memiliki nama lengkap Luis William Mahendra Leeds. Pebalap jet darat kelahiran 6 Maret 2000 ini memulai karir di dunia balap sejak berusia 11 tahun. Pemuda berusia 19 tahun memiliki dua kewarganegaraan yakni Indonesia dan Australia.

Sang ayah Dean Leeds berkebangsaan Australia, sedangkan ibunya, Maria Leeds, warga negara Indonesia kelahiran Ngawi, Jawa Timur.

Pada tahun 2019, Luis Leeds menjadi sorotan di Australia berkat prestasinya di arena balap. Namun, ia memiliki mimpi bisa balapan dengan kebanggaan sebagai perwakilan Indonesia.

Selama karier balapnya di Formula 4 (F4) Australia sejak 2015, Leeds mengukir prestasi gemilang.

Puncaknya datang pada tahun 2019. Kala itu ia meraih gelar juara umum dan naik podium sebanyak 17 kali dalam 18 balapan.

Ia juga melangkah ke ajang internasional seperti F4 Inggris, Porsche GT3 Cup Challenge Australia, Formula Renault Eurocup, dan Toyota Racing Series. Meski begitu, ia memiliki tujuan di panggung yang lebih besar.

Formula 4 (F4) merupakan ajang balap yang dikelola oleh Federasi Otomotif Internasional (FIA) pada tahun 2014. Namun Leeds berharap dapat menembus Kejuaraan Dunia Formula 3 (F3) untuk memperjuangkan cita-citanya yang lebih besar.

Dengan perjuangan keras dan tekad yang tak tergoyahkan, Leeds bermimpi untuk melanjutkan ke Formula 2 (F2) dan bahkan tampil di Formula 1 (F1) pada tahun 2026 mendatang.

Sementara itu sebelumnya, Luis Leeds sempat mengisi liburan di Bogor pada Jum’at, 8 September 2023. Ia pun mendapat kesempatan merasakan suasana berbeda di Indonesia dibandingkan dengan negara asal. Leeds sempat mengisi kegiatan di kawasan Kebun Raya Bogor. Ia juga sempat menemui sejumlah pejabat negara di Indonesia. Salah satunya Ketua MPR RI yang juga politisi Partai Golkar Bambang Susatyo.***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *