Beroperasi Mulai 28 Agustus 2023, Ini Rute LRT Jabodetabek

rute LRT Jabodetabek
LRT Jabodetabek. (Foto: Instagram @lrt_jabodebek)

Cekisu.com –  LRT Jabodetabek mulai beroperasi hari ini, Senin, 28 Agustus 2023 dan berikut rute yang bisa menjadi panduan bagi kamu. Khususnya yang akan menikmati moda transportasi massal yang baru diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kereta api ringan Lintas Rel Terpadu (LRT) Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (Jabodebek) telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Stasiun LRT Cawang, Jakarta Senin, 28 Agustus 2023.  LRT sepanjang 41,2 kilometer dibangun dengan menghabiskan anggaran Rp32,6 triliun.

Read More

“Alhamdulillah LRT juga sudah siap dioperasikan, baik yang dari Harjamukti di Cibubur dan dari Bekasi ke Jakarta sepanjang 41,2 kilometer dan menghabiskan anggaran Rp32,6 triliun,” ujar Presiden Jokowi dilansir dari laman Setpres.

LRT melengkapi deretan moda transportasi massal yang dibangun oleh pemerintah di ibu kota dan sekitarnya. Sebelumnya sudah ada Moda Raya Terpadu (MRT), Kereta Rel Listrik (KRL), TransJakarta, hingga kereta bandara.

Jokowi berharap moda-moda transportasi massal tersebut, masyarakat bisa beralih dari transportasi pribadi ke transportasi massal sehingga bisa mengurangi kemacetan di ibu kota dan sekitarnya.

“Kita harapkan masyarakat berbondong-bondong beralih ke LRT, baik dari Cibubur dan sekitarnya maupun Bekasi dan sekitarnya sehingga kemacetan di jalan bisa kita hindari dan juga polusi bisa kita kurangi,” ujar Jokowi.

Rute LRT Jabodebek

LRT Jabodebek memiliki 18 stasiun dalam dua lintas pelayanan. Yakni Cibubur Line dan Bekasi Line.

Cibubur Line melayani perjalanan dari Stasiun Harjamukti di Depok menuju Stasiun Dukuh Atas di Jakarta. Lalu melintasi 12 stasiun pemberhentian dengan jarak tempuh 24,3 kilometer.

Sedangkan Bekasi Line melayani perjalanan dari Stasiun Jati Mulya di Kabupaten Bekasi menuju Stasiun Dukuh Atas dan melintasi 14 stasiun pemberhentian dengan jarak tempuh 27,3 kilometer.

Terdapat dua rute yang dilayani LRT Jabodebek ini yaitu, Stasiun Dukuh Atas Jakarta menuju di Stasiun Harjamukti Cibubur dan sebaliknya. Kemudian Stasiun Dukuh Atas Jakarta menuju Stasiun Jatimulya Bekasi dan sebaliknya. Berikut Rute LRT Jabodebek:

Rute Jakarta-Cibubur (PP):

Dukuh Atas, Setiabudi, Rasuna Said, Kuningan, Pancoran, Ciloko, Ciliwung, Cawang, TMII, Kampung Rambutan, Ciracas, Harjamukti.

Rute Jakarta Bekasi (PP):

Dukuh Atas, Setiabudi, Rasuna Said, Kuningan, Pancoran, Ciloko, Ciliwung, Cawang, Halim, Jati Bening Baru, Cikunir 1, Cikunir 2, Bekasi Barat, Jati Mulya.

Itulah rute LRT Jabodetabek yang sudah beroperasi sejak hari ini, Senin, 28 Agustus 2023.***

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *